1

Tips Membeli HP Bekas

Tips Membeli HP Bekas

Tips Membeli HP Bekas

Handphone Bekas

Memilih Hp 2nd (baca:second) memang gampang-gampang susah. Untuk temen2 yang pemula dibidang handphone, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita ingin membeli HP 2nd

Counter
Biasanya jika sebuah counter mendisplay barang dagangannya dengan teratur, keadaannya bersih, jumlah barangnya banyak, maka biasanya barang-barang yang dijualpun diperhatikan benar kualitasnya oleh sipedagang.

Harga
Sebelum berburu HP, ada baiknya temen2 mencari informasi tentang harga HP itu sendiri. Temen2 bisa bertanya pada orang lain atau bisa dengan memanfaatkan media informasi / iklan yang banyak sekali memuat tentang harga HP yang temen2 inginkan.

Kondisi Barang
Untuk kondisi barang, perhatikanlah beberapa komponen dibawah ini, karena komponen-komponen ini sangat vital.

  • Baterei

Perhatikanlah permukaan baterei, jika sudah menggelembung besar kemungkinan sudah aus atau ngedrop. Yang kedua yaitu cobalah mainkan semua menu kurang lebih 5 menit, perhatikanlah apakah indikator baterei pada HP berkurang atau tidak, dan cobalah untuk menghubungi operator jaringan selama beberapa saat. Jika baterei cenderung turun-naik, maka besar kemungkinan baterei tersebut aus / drop.

  • LCD

Perhatikanlah dengan seksama kondisi LCD. Pastikan tidak ada warna atau bercak hitam dilayar jika kita lihat dari sisi atas, bawah, samping. Jika LCD terlihat buram dan muncul warna gosong, maka besar kemungkinan LCD tersebut kualitasnya jelek dan pernah diservis.

  • Body

Perhatikanlah mika bening dibawah keypad. Pastikan mika masih utuh dan tidak retak, terutama bagian baut.

  • Segel

Perhatikanlah segel hologram resmi. Jika masih utuh berarti HP tersebut belum pernah di service.

  • Sinyal

Pastikan sinyal penuh dan cenderung stabil. Jika sinyal naik turun dalam waktu yang relatif lama, besar kemungkinan ponsel tersebut trouble di RFnys..Selamat Berburu 😉
9.jpg

Komentar

komentar

Andrian Dion Priadi

Penulis seorang penggiat Open Source, bekerja sebagai staff IT di PTN Universitas Gadjah Mada, dan juga sebagai direktur utama CV. Manasthika Global Informasi.

One Comment

  1. biar lbh lbh lgkp ksh hrg2 hp second u/ smua merk dunk.. pst lbh asik tuch..

Tinggalkan Pesan