0

Menjalankan Fitur Nautilus Audio Preview di Linux Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon

Menjalankan Fitur Nautilus Audio Preview di Linux Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon

Audio preview (atau musik preview) merupakan fitur dari Nautilus (Ubuntu default file explorer) adalah fitur yang hebat dan mudah untuk pecinta musik dimana saja. Dengan fitur Nautilus audio preview, kita dapat dengan mudah mengarahkan mouse kedalam audio file (dengan Nautilus file explorer), dan akan memainkan lagu tersebut.

Enabling Audio Preview

Jika kita tidak menggunakan fitur ini (maka audio preview tidak bisa dimainkan), jadi penulis rekomendasikan untuk di coba. Untuk beberapa orang yang sudah bisa memainkan mp3 di ubuntu, maka kita hanya memastikan audio preview sudah diaktifkan. Dengan Nautilus (hanya dengan membuka home folder jika kita tidak yakin apa itu nautilus), click Edit –> Preferences. Click pada Preview tab maka kita dapat melihat opsi, “Preview sound files:”, dan tiga menu opsi: Always, Local Files Only, and Never. Selama opsi sebagai “Always” atau “Local Files Only” terpilih, maka audio preview akan akan dijalankan. “Always” berarti Nautilus akan mem-preview audio file selama kita punya akses didalamnya, dan “Local Files Only” berarti Nautilus akan hanya mem-preview audio file jikan file tersebut berada pada lokal hard drive.

Codec Audio Preview Support

Fitur Audio preview bekerja pada Ubuntu 7.04 Feisty Fawn, tetapi tidak untuk Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon. Untuk mengatasi masalah tersebut maka jalankan beberapa tahap berikut :

Pertama, kita membutuhkan mp3 codec untuk menjalankan file mp3. Karena pada Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon (dan banyak Ubuntu version) tidak terinstall secara default maka kita harus menginstallnya terlebih dahulu. Kita perlu menginstall audacious dan mpg123.

Kedua, Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon kita membutuhkan compatibility package untuk Nautilus audio preview. Maka kita perlu menginstall pulseaudio, pulseaudio-utils, esound esound-clients, esound-common, espeak, dan espeak-data.

Ketiga, kita membutuhkan support untuk format audio ogg jika kita ingin preview format tersebut dengan baik. Maka yang dibutuhkan adalah dengan menginstall install vorbis-tools.

Untuk semua paket tersebut terinstall bisa menggunakan synaptic (system –> administration –> synaptic package manager). cara tercepat dan termudah dengan menjalankan command di konsole gnome-terminal, tinggal copykan code dibawah tanpa menggunakan tanda dolar :

$ sudo apt-get install audacious mpg123 pulseaudio pulseaudio-utils esound esound-clients esound-common espeak espeak-data vorbis-tools

Setelah semuanya terinstall maka yang perlu kita lakukan adalah melakukan testing audio preview apakah bisa bekerja dengan baik.

Daftar Gambar

Gambar 1
audio preview on nautilus
Menjalankan Fitur Nautilus Audio Preview di Linux Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon
Gambar 2
nautilus preferences, mengaktifkan opsi audio preview
Photobucket

Photobucket

Komentar

komentar

Andrian Dion Priadi

Penulis seorang penggiat Open Source, bekerja sebagai staff IT di PTN Universitas Gadjah Mada, dan juga sebagai direktur utama CV. Manasthika Global Informasi.

Tinggalkan Pesan