1

Konversi Beberapa Gambar ke dalam Satu File PDF di Linux

Konversi Beberapa Gambar ke dalam Satu File PDF di Linux

Konversi Beberapa Gambar ke dalam Satu File PDF di Linux

Terminal Linux

Ada beberapa cara Anda agar dapat mengkonversi file gambar ke PDF, paling hanya dengan membuka gambar tertentu dan mencetaknya. Anda dapat memilih “Cetak ke file” bukan perangkat printer, kemudian pilih format PDF dan memberikan nama. Tapi apa yang harus dilakukan jika Anda memiliki folder penuh gambar dan ingin membuat satu PDF besar dari file gambar tersebut? Berikut adalah bagaimana cara melakukannya:

$ cd FOLDER_WITH_IMAGES
$ convert *.jpg images.pdf

Perintah diatas akan menciptakan satu file PDF, images.pdf, yang berisi semua file JPG dalam direktori tersebut. Pendekatan di atas dapat menimbulkan crash ketika ada file input terlalu banyak. Berikut pendekatan lain yang lebih stabil:

$ cd FOLDER_WITH_IMAGES
$ FILES=$( find . -type f -name "*jpg" | cut -d/ -f 2)
$ mkdir temp && cd temp
$ for file in $FILES; do
BASE=$(echo $file | sed 's/.jpg//g');
convert ../$BASE.jpg $BASE.pdf;
done &&
$ pdftk *pdf cat output ../FINAL_NAME.pdf &&
$ cd ..
$ rm -rf temp

Perintah diatas akan menyeleksi semua gambar berekstensi jpg dalam direktori dan mengubahnya ke file PDF dengan nama yang sama. Setelah selesai semua file digabungkan menjadi FINAL_NAME.pdf oleh pdftk, sebuah utilitas PDF. Direktori Temp yang ada untuk membuat penghapusan file temporary file PDF menjadi lebih mudah.

Komentar

komentar

Andrian Dion Priadi

Penulis seorang penggiat Open Source, bekerja sebagai staff IT di PTN Universitas Gadjah Mada, dan juga sebagai direktur utama CV. Manasthika Global Informasi.

One Comment

Tinggalkan Pesan