1

Cara install Driver Printer Canon IP 1880 di Linux Ubuntu 7.10 Gutsy

Cara install Driver Printer Canon IP 1880 di Linux Ubuntu 7.10 GutsyCanon IP1880 merupakan printer warna middle end yang banyak dipasaran menggantikan IP1300, nah bagi temen-temen yang membeli printer ini mungkin akan sedikit kesulitan pada driver linux bawaan karena tidak bisa bekerja secara baik pada printer ini (gejalanya tidak bisa melakukan printing). Solusinya yaitu dengan menginstall driver secara manual. Dan berikut langkah-langkah dalam menginstallnya :

  • download paket drivernya terlebih dahulu :

1. cnijfilter-common_2.70-2_i386
2. cnijfilter-ip1800series_2.70-2_i386
3. libpng3_1.2.15~beta5-2build1_all

  • melalui terminal (konsole). Lakukan instalasi pada package dibawah ini :

$ sudo dpkg -i *.deb

  • kemudian install libpng3 dengan mengetikkan perintah berikut :

$ sudo apt-get install libpng3

  • kemudian masih ada 1 file library yang diperlukan yaitu libtiff.so.3 . Solusinya adalah melakukan softlink agar alamat libtiff.so.3 nantinya akan merujuk pada libtiff.so.4.2.1

$ cd /usr/lib/
$ sudo ln -s ./libtiff.so.4.2.1 ./libtiff.so.3

  • setelah selesai langakah-langkah diatas kemudian tinggal melakaukan konfigurasi pada sistem printingnya. Hubungkan USB printer dan nyalakan printer. Add printer pada System -> Administration -> Printing. Kemudian pada Jendela Printer Configuration, pilih New Printer, pada bagian Select Connection -> pilih Canon IP 1800 Series USB #1 dan klik Forward.
  • pada pilihan driver makes klik Canon dan model pilih IP 1800 series Ver.2.70(Recommended) dan klik Forward dan kemudian isikan Description serta Location )sesuaikan kebutuhan)
  • langkah terakhir jadikan Printer tersebut sebagai default printer. Dan kemudian lakukan Test Page untuk memastikan printer berjalan dengan baik.

Selamat mencoba…

Komentar

komentar

Andrian Dion Priadi

Penulis seorang penggiat Open Source, bekerja sebagai staff IT di PTN Universitas Gadjah Mada, dan juga sebagai direktur utama CV. Manasthika Global Informasi.

One Comment

  1. gw lagi cari drive canon pixma ip 1880 tapi gimana y download nya koq ng ad si tolong temen yang tau cara nya kasih tau dunkkkkkkk

Tinggalkan Pesan