3

Cara Install Adobe Flash Player di Linux Ubuntu

Cara Install Adobe Flash Player di Linux Ubuntu

Cara Install Adobe Flash Player di Linux Ubuntu

Notifikasi Flash Player pada Web Browser

Adobe Flash Player adalah perangkat lunak untuk menjalankan multimedia, Rich Internet Applications , dan streaming video dan audio, pada web browser dalam bentuk SWF file. Adobe Flash Player merupakan sebuah plugin pada web browser seperti Firefox, Internet Explorer, dan Opera. Untuk browser Google Chrome sudah menyediakan secara native flash player pada browsernya.

Karena berjalan di web browser maka Adobe Flash Player bersifat multi platform. Untuk instalasi di Windows dan MacOSX penulis tidak akan bahas, namun penulis akan membahas bagaimana cara instalasinya di Linux Ubuntu. Linux Ubuntu tidak secara default terinstall aplikasi flash player ini, namun untuk paketnya sendiri sudah tersedia di repository Linux Ubuntu.

Kebutuhan untuk instalasi ini adalah Anda harus mempunyai koneksi internet, dan penulis membuat tutorial ini pada sistem Linux Ubuntu 12.04 Precise Pangolin. Langkah-langkah instalasinya sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Ubuntu Software Center yang berlokasi pada menu bar di sisi kiri layar;
    Install-Flash-Player-langkah-1
  2. Ketikkan nama aplikasi “flashplugin-installer” pada kolom pencarian dan tekan ENTER;
    Install-Flash-Player-langkah-2
  3. Hasil pencarian akan memunculkan aplikasi bernama Adobe Flash plugin seperti pada gambar dibawah ini;
    Install-Flash-Player-langkah-3
  4. Klik tombol “Install;
    Install-Flash-Player-langkah-4
  5. Setelah instalasi selesai bukalah browser Firefox dan bukalah situs yang membutuhkan flash player seperti situsĀ Youtube atau Jogjastreamers;
    Install-Flash-Player-langkah-5
  6. Jika bisa dibuka situs tersebut, maka Anda telah sukses dalam melakukan instalasi Adobe Flash Player. Jika tidak ulangi langkah dari awal secara baik dan pastikan koneksi Anda stabil.

Selamat mencoba…

Komentar

komentar

Andrian Dion Priadi

Penulis seorang penggiat Open Source, bekerja sebagai staff IT di PTN Universitas Gadjah Mada, dan juga sebagai direktur utama CV. Manasthika Global Informasi.

3 Comments

Tinggalkan Pesan