11

Animasi Menu Bar seperti MacOS X

Animasi Menu Bar seperti MacOS X

Cairo-Dock adalah program docking seperti dock pada MacOS X. Bagi anda yang menginginkan dock seperti MacOS X, cairo dock merupakan alternatif yang sama miripnya dengan dock pada MacOS X. Cara instalasinya pun cukup mudah dan simpel. Tutorial ini penulis buat untuk turunan distro Debian beserta turunannya (Penulis menggunakan Ubuntu 7.10).

Langkah-langkahnya :

  1. Download dua paket DEB paket : cairo-dock, and cairo-dock-plug-ins. Install cairo-dock paket tersebut, dan kemudian cairo-dock-plug-ins hanya dengan double klik pada paket tersebut. Untuk required paket install membutuhkan libcairo2 librsvg2-2 libglitz1 libglitz-glx1 (sudah secara otomatis ikut terinstall).
  2. Jalankan program tersebut Applications -> System Tools -> Cairo-Dock. Pada saat pertama kali Cairo-Dock dijalankan, maka akan keluar dialog Manage Themes. Pilih sebuah theme dan klik OK. Maka dock akan muncul.
  3. Klik kanan pada dock untuk access configuration, sebagaimana seperti menambahkan dan mengurangi launchers

Tambahan :
Agar dapat di load secara otomatis pada startup, bisa dimasukkan pada list startup session. Menu : System> Preferences > Sessions > Select the tab Startup Programs > Add
ketikkan : cairo-dock

screenshot :

Animasi Menu Bar seperti MacOS X

Selamat mencoba…

Komentar

komentar

Andrian Dion Priadi

Penulis seorang penggiat Open Source, bekerja sebagai staff IT di PTN Universitas Gadjah Mada, dan juga sebagai direktur utama CV. Manasthika Global Informasi.

11 Comments

  1. saya pake ubuntu 9.10,klo misalnya pake cairo doc barbarengan sama compiz fusion bsa gk??/

  2. Wah, mao nyoba desktop yang seperti itu…. berarti kudu mesen Ubuntu dulu yah, hm… kemaren juga di kirimin c ubuntu dari sana langsung, wah jadi penasaran. tapi info terbaru katanya Ubuntu sudah memasang desktop ini di bundlenya. jadi gak perlu install di lain sumber lagi l-)

Tinggalkan Pesan